Di dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa alam dunia ini akan rusak disebabkan oleh tangan orang-orang yang munafiq. Mereka sangat seraka dalam mengeksploitasi kekayaan alam, mereka tidak mempedulikan tentang akibatnya. Sekarang sudah banyak kerusakan didarat, dilaut, dan diudara. Akibatnya banyak bencana yang terjadi sana-sini, seperti banjir, gempa, gunung meletus, angin putting beliung, dan ada lagi yang sangat mengkhawatirkan yaitu issu akan terjadinya pemanasan global. Tercantum di dalam Surat Ar-Rum ayat 41-42 yang artinya:
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan Karena perbuatan tangan manusia, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”
Dari Surat di atas, maka ingatlah wahai ummat. Bumi telah diciptakanNYA dengan sebaik-baiknya. Allah SWT menciptakannya agar kamu dapat senantiasa bersyukur dan dapat merasakan kuasaNYA melewati indahnya bumi ini. Tapi mengapa kalian rusak? Tidakkah terbesit di hati kalian akan pentingnya menjaga bumi? Tidak sepantasnyalah alam ini dirusak karena ini merupakan salah satu karunia Tuhan, untuk itu seharusnyalah manusia harus memperbaiki dan memanfaatkannya. Juga terlah tercantum himbauan agar menjaga bumi di dalam (Q.S  al-A’râf 7:56) yang artinya:
“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi, setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allâh sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat kebaikan”.
Adapun yang dapat meminimalisir kerusakan alam saat ini adalah dengan reboisasi, menanam tanaman yang sering dikenal dengan program “one man one tree”. Dengan dijalankan program ini diharapkan dapat memulihkan kembali bumi yang telah banyak terjadi kerusakan ini. Maka, mari kita bersama-sama menjaga bumi yang indah ciptaan Allah ini.

http://www.unej.ac.id/index.php/id/ 
http://biofkip.blogspot.com/

http://www.hmplumbalumba.com/

Copyright © Muslimah_N Template Design by RzaaL 1306