http://unej.ac.id/index.php/id/
http://fkip.unej.ac.id/

 

Universitas Jember adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di kabupaten Jember yaitu sebuah Kabupaten yang diapit oleh dua gunung yaitu gunung Bromo dan gunung Ijen, provinsi jatim
Universitas Jember didirikan dengan tugas pokok yaitu menyelenggarakan pendidikan tinggi dan memberikan pendidikan berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam upaya mewujudkan tujuan nasional.
Universitas jember dirintas pada tahun 1957 yang awalnya berasal dari universitas swasta bernama universitas tawang alun dan hanya memiliki 1 fakultas, yaitu fakultas hukum. Seiring perkembangan, universitas tawang alun berubah status menjadi universitas negeri dan berubah nama menjadi universitas jember seperti sekarang ini.
Namun, sekarang universitas jember telah berkembang dan memiliki 9 program studi. Saat ini, UNEJ berkembang telah memiliki 9 Program Studi (PS) Pasca sarjana S2/S3 dan Program Sarjana S1 yang terdiri atas 15 fakultas yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Sistem Informasi.
Universitas jember menempati lahan seluas 1.120.261 m2. Inilah yang menjadi titik kelebihan UNEJ dibandingkan perguruan tinggi yang lain. UNEJ memiliki lahan luas dengan berbagai macam tanaman tumbuh di dalamnya. Jika dilihat dari luar, tak nampak bahwa di balik pepohonan besar dan rindang ternyata berdiri pusat pendidikan di Jember.
Kampus Hijau adalah sebutan yang layak untuk UNEJ, karena kampus ini masih asri dengan berbagai tumbuhan rindang yang menutupi sebagain besar wilayah kampus. Tidak sulit bagi mahasiswa untuk mencari tempat berdiskusi yang cocok, karena lahan kampus yang luas dan dikelilingi pohon besar akan menjadi tempat yang menarik.
Selain kampus yang masih asri, UNEJ tak kalah bergengsi dengan perguruan tinggi lain di Indonesia. Ada banyak prestasi dari mahasiswa yang mampu membawa UNEJ duduk sebagai salah satu perguruan tinggi nasional yang layak diperhitungkan.
Selain keunggulan karena prestasi dan lingkungan yang masih alami. UNEJ memiliki kelebihan lain, yaitu lokasi kampus yang strategis. Tidak terletak di tengah pusat kota yang ramai. Namun terletak sedikit meminggir dari pusat kota, namun masih tersentuh dengan fasilitas-fasilita kota. Bahkan karena adanya perguruan tinggi ini, kabupaten Jember menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Universitas Jember sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi tentunya tidak lepas dari sarana dan prasarana penunjang perkuliahan bagi mahasiswanya, terutama infrastruktur gedung. Universitas jember memiliki beberapa gedung yang dapat digunakan untuk menunjang aktifitas kegiatan mahasiswa di kampus, diantaranya Gedung Soetardjo, Gedung pusat kegiatan mahasiswa, gedung sport-hall, stadion, lapangan tenis, lapangan voli, lapangan basket, aula LPM, perpustakaan wisma tamu, dan asrama mahasiswa

Copyright © Muslimah_N Template Design by RzaaL 1306